Sumsel Expo 2018 Dibuka Gubernur Sumsel Berlangsung di Dekranasda Jakabaring

Sumsel Expo 2018 Dibuka Gubernur Sumsel Berlangsung di Dekranasda Jakabaring
Gubernur Sumsel ini pun tampak antusias berjalan kaki mengelilingi stan pameran (Humas pemprov)
Sumsel Expo 2018 Dibuka Gubernur Sumsel Berlangsung di Dekranasda Jakabaring
Sumsel Expo 2018 Dibuka Gubernur Sumsel Berlangsung di Dekranasda Jakabaring

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com – Sumsel Expo kembali digelar Pemprov Sumsel. Kali ini acara digelar di Dekranasda Jakabaring dan dibuka resmi Gubernur Sumsel Ir Alex Noerdin, Kamis (16/8/18).

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur IKM Pangan Barang dari Kayu dan Furniture Kementerian Perindustrian Dr Ir Sudarto MM, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, SIP MHum., Kapolda Sumsel  Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara. Tak sekadar membuka acara, Gubernur Sumsel ini pun tampak antusias berjalan kaki mengelilingi stan pameran yang menampilkan beragam produk lokal. Ia tak segan menghampiri dan menyapa satu persatu para pedagang serta menanyakan harga dan produk apa saja yang dijual. Alex mengatakan pelaksanaan Sumsel Expo VII tahun 2018 ini sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-73 serta pelaksanaan Asian Games tahun 2018.

“Ada satu hal yang patut dihargai dalam acara seperti ini, yakni menerapkan strategi mengadakan acara tanpa menggunakan dana APBD, atau istilahnya strategi getah basah. ” ungkap Alex disambut tepuk tangan hadirin. Ia menuturkan, tujuan dari penyelenggaraan ini sangat banyak dan positif antara lain dapat mempromosikkan hasil-hasil pembangunan baik dari tingkat Kementerian, provinsi maupun kabupaten/kota. Sumsel Expo memberikan informasi pelayanan bagi masyarakat.

Dunia usaha mendapatkan manfaat secara finansial sebagai tolak ukur sukses pemberdayaan ekonomi terhadap pelaksanaan Asian Games 2018. “Memang di sana-sini masih banyak kekurangan yang kita harus sempurnakan, tapi semangatnya itu dihargai,” kata Alex.

Laporan ketua panitia Sumsel Expo Hj. Ernila Rizar (Humas pemprov)

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, Ernila Rizar mengatakan Sumsel Expo VII tahun 2018 ini akan berlangsung mulai 16 – 25 Agustus 2018. “Jadi selama 10 hari akan ada beragam acara dan hiburan yang dihadirkan. "Ada artis lokal dan ibukota seperti Siti Badriah, Anji dan lain-lain.

Untuk MC akan dipandu Yai Najib dan Cek Maria. Istimewanya lagi karena diadakan bertepatan dengan Asian Games 2018," katanya. Lebih lanjut ia mengatakan, saat Sumsel Expo VII ada 350 stan yang ikut berpartisipasi. Agar lebih memudahkan masyarakat nantinya masing-masing akan dibuat zona seperti ada zona Instansi atau dinas, perusahaan dan UMKM. Direktur PT Waskita Media Utama, Ria Fugu sebagai EO di Sumsel Expo ini menambahkan, nantinya akan ada 800 peserta baik dari instansi, perusahaan dan UMKM.

“Yang ikut Sumsel Expo ini juga banyak dari luar daerah. Untuk masuk ke Sumsel Expo ini gratis, dibuka mulai pukul 9.00 hingga 21.00 wib Namun untuk parkirnya bayar berupa parkir resmi yang flat. Untuk motor Rp 5000 dan mobil Rp 10.000," jelasnya. (Saft)