Sampah Bertebaran dan Minim Kotak Sampah di Sudut Komplek Rumah Dinas

Sampah Bertebaran dan Minim Kotak Sampah di Sudut Komplek Rumah Dinas
MS/DARMA Salah satu warga menunjukan sampah bertebaran di sudut komplek rumah dinas Pemkab Banyuasin, yang mengeluarkan bau tak sedap.

BANYUASIN, MS.COM -- Sampah bertebaran di berbagai sudut Jalan Komplek Perumahan Bupati Kabupaten Banyuasin yang menimbulkan bau tak sedap, Rabu (12/6). 

Sebelumnya, sampah bertebaran di Jalan Lingkar Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banyuasin, sehingga menutupi drainase, got saluran air. Kini, sampah tampak bertebaran di lorong jalan komplek rumah dinas para pejabat.

Banyaknya tumpukan sampah tadi, disebabkan minimnya tempat pembuangan sampah di sepanjang komplek perumahan dinas dan bupati. Sampah rumah tangga dibuang sembarangan dan mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin, Izromaita membenarkan adanya tumpukan sampah rumah tangga di sudut komplek rumah dinas. Namun, sampah-sampah tersebut saat sudah dibersihkan oleh petugas kebersihan. 

Bahkan, menurut Izromaita pihaknya menangkap oknum pengunjung Mess Pemkab Banyuasin yang membuang sampah sembarangan. "Saya harapkan kepada penghuni rumah dinas atau juga pengunjung mess agar jangan membuang sampah sembarangan," kata Izromaita kepada wartawan.

Pihaknya tidak segan-segan akan melakukan tindakan apabila masih ada sampah bertaburan di lingkungan komplek rumah dinas. "Di lokasi komplek sudah disediakan kotak sampah, jadi buanglah sampah pada tempatnya," tutur Izromaita.

Sementara itu, Ketua Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hendra Saputra meminta kepada pihak Pemerintah Banyuasin, untuk mengedepankan kebersihan lingkungan di Kota Kabupaten, Pangkalan Balai. "Kalau saja di dalam komplek perumahan dinas sembraut oleh kotoran sampah rumah tangga, bagaimana untuk mengawasi kebersihan di luar kota kabupaten," jelas Hendra.

Untuk itu, pihaknya berharap agar lingkungan hidup Banyuasin, memberikan teguran kepada penghuni rumah dinas agar jangan membuang sampah sembarangan. "Tentunya yang tinggal di komplek rumah dinas orang-orang pegawai. Jadi bantulah lingkungan hidup untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan," tegas Hendra. (ydp)