Prof Nyayu Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan UIN RF Palembang

Prof Nyayu Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan UIN RF Palembang
Pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan UIN RF Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Baru beberapa minggu dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fattah Palembang, Prof Nyayu sudah melakukan restrukturisasi kabinet kerjanya. Hal ini dibuktikan dengan dilantiknya sejumlah pejabat seperti Wakil Rektor yang meliputi tiga bidang, Direktur Program Pascasarjana serta sejumlah jabatan-jabatan strategis seperti dekan di lingkungan kampus UIN RF Palembang.

Pelantikan ini bertempat di Gedung Rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.A. melantik Wakil Rektor (Warek 1, 2, 3), para Dekan, dan Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Jumat (7/8). 

Nama-nama yang dilantik untuk masa bakti 2020-2024, berdasarkan SK Rektor No. B-941/Un.09/1.2/Kp.07.6/08/2020 tanggal 6 Agustus 2020.
1.    Dr. Muhammad Adil, M.A. sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan
2.    Dr. Abdul Hadi, M.Ag. sebagai Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan.
3.    Dr. Hj. Hamidah, M.Ag. sebagai Wakil Rekotr III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama
4.    Prof. H. Duski Ibrahim, M.Ag. sebagai Direktur Pascasarjana UIN Rafah Palembang.
5.    Dr. Marsaid, M.A. sebagai Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH)
6.    Prof. Dr. Abdullah, M.Ed. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FIKTK)
7.    Prof. Dr. Izomiddin, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
8.    Dr. Zuhdiyah, M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Psikologi Islam (FSI)
9.    Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI
10.    Dr. Endang Rochmiatun, S.Ag., M.Hum. sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM)
11.    Dr. Achmad Sayarifuddin, S.Ag., M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)
12.    Dr. Heri Junaidi, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
13.    Dr. Munir, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas Sains dan Tekhnologi

Rektor UIN Raden Fatah Palembang berpesan agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya untuk UIN Raden Fatah yang lebih baik lagi. "Perlu kita sadari bersama bahwa jabatan ini adalah sebuah amanah, dan amanah ini akan kita pertanggungjawabkan dari dunia sampai nanti di akhirat. Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah SWT. Amin YRA," ujarnya.

Prof. Nyayu Khodijah menuturkan bahwa pekerjaan ke depan tidaklah mudah, karena yang terpilih karena dipercaya dapat mengemban amanah ini berdasarkan tiga kriteria yaitu kualitas, loyalitas, dan berintegritas. Kualitas diukur dari kompetensi yang dimiliki. "Intinya, kita semua akan bergerak maju sesuai proforsinya masing-masing secara professional dan bertanggung jawab. Kita akan gemakan UIN Raden Fatah maju untuk kejayaan peradaban Islam. Perlu kita pahami bersama bahwa pekerjaan kita 4 tahun ke depan tidaklah mudah. Ibu bapak terpilih karena dipercaya dapat mengemban amanah ini berdasarkan tiga kriteria yaitu kualitas, loyalitas, dan berintegritas. Kualitas diukur dari kompetensi yang dimiliki meski saya yakin tetap saja punya kelemahan karena tidak ada manusia yang sempurna. Loyalitas dilihat dari kesetiaan pada lembaga, bukan pada orang per orang atau kelompok. Berintegritas diukur dari ketaatan pada norma-norma yang berlaku," terangnya.

Prof. Nyayu Khodijah mengungkapkan, sebagai langkah awal, pihaknya akan memulai pekerjaan dengan melakukan pemetaan terhadap berbagai permasalahan yang kita hadapi saat ini. Salah satu tugas besar kita berkaitan dengan akreditasi dan ranking universitas."Saat ini masih sedikit program studi kita yang terakreditasi A (kurang dari 20 persen), dan masih ada program studi yang baru terakreditasi C. Harus dipetakan betul apa yang menjadi penyebabnya sehingga kemudian dapat dicarikan solusinya," bebernya.

Demikian juga permasalahan-permasalahan lain, lanjut Prof. Nyayu Khodijah, seperti jumlah guru besar yang masih sangat terbatas, publikasi ilmiah dosen yang masih sedikit, jumlah jurnal Ilmiah yang terakreditasi juga masih terbatas, dan lain-lain. "Semua permasalahan yang ada harus kita urai sebelum kita menentukan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan. Karena kegiatan akan terpusat di prodi-prodi yang ada di Fakultas, maka pejabatnya akan kita evaluasi secara berkala diukur dari kinerjanya. Dan bukan tidak mungkin dari evaluasi itu, akan ada tindak lanjut yang berujung pada “penggantian” pejabatnya. Tentu dalam pelaksanannya akan memperhatikan aturan yang berlaku.
Intinya, kita semua akan bergerak maju sesuai proporsinya masing-masing secara profesional dan bertanggung jawab. Kita akan gemakan UIN Raden Fatah maju untuk kejayaan peradaban Islam," ujarnya. (yanti)