PPKBPA Banyuasin Gelar Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021

PPKBPA Banyuasin Gelar Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021
foto: IST - PPKBPA Banyuasin Gelar Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA — Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (PPKBPA) Kabupaten Banyuasin melakukan Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan sistem informasi keluarga dalam rangka orientasi pendataan keluarga tahun 202I di 21 Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin.

Kepala Dinas PPKBPA Dra Hj Yosi Zartini MM, Kamis (4/3) mengatakan, pelatihan yang di ikuti kader-kader Kecamatan dalam Kabupaten tersebut bertujuan memberikan pelatihan teknis mengenai pendataan dan meningkatkan ketangguhan peserta untuk mengolah data kependudukan tahun 2021. "Mereka dilatih agar mereka nanti bisa mengiput data di desa-desa melalui aplikasi yang sudah kami sediakan," katanya.

Hj Yosi menerangkan, dimana hasil dari pendataan keluarga ini nantinya akan berguna untuk kepentingan, kebijakan, perencanaan, pengendalian, dan pemantauan oleh pengelolah serta semua pelaksana pengelola disemuah tingkat. "Pemanfaatannya pun dapat digunakan secara luar dan penggunaannyapun bisa untuk program pembangunan lainya," paparnya.

Ia juga menghimbau kepada sasaran keluarga yang didata memberikan data dengan benar. "Jangan ada yang ditutupi supaya semuanya bisa ditangani dengan baik. Karena data keluarga ini bisa dipakai sebagai dasar DTKS sehingga bantuan-bantuan sosial sudah terarah siapa yang berhak menerimanya," ungkapnya.

Sementara, Asisten Pemerintah dan Sosial Sekretaris Daerah, Hasmi S Sos Msi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada peserta yang mengikuti pelatihan. "Saya berharap para peserta dapat memahami materi yang diberikan dan dapat dijalankan dengan baik oleh kader-kader di kecamatan maupun di desa-desa," ujarnya.

Di akhir acara, Hasmi secara resmi membuka Oorientasi pelatihan pendataan keluarga tahun 2021. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim orientasi pendataan keluarga 2021 resmi dimulai," tandasnya. (ydp)