Pemkab Bersama BPJS Sosialisasi

Pemkab Bersama BPJS Sosialisasi
teks:IST- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dalam mensosialisasikan pemanfaatan aplikasi Edabu bagi kepala dan perangkat desa se- Kabupaten Banyuasin di Auditorium Pemkab Banyuasin, Rabu.

* Edabu ke Perangkat Desa

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dalam mensosialisasikan pemanfaatan aplikasi Edabu bagi kepala dan perangkat desa se- Kabupaten Banyuasin di Auditorium  Pemkab Banyuasin, Rabu (4/11).

Kepala BPJS Kesehatan Banyuasin Bayu Saputra mengatakan, dalam rangka meningkatkan Capaian Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional segmen Kepala dan Perangkat  Desa Kabupaten Banyuasin, dimana selama ini terhambat dalam proses pendaftaran ditambah lagi akses masing-masing desa untuk registrasi ke Kantor BPJS Kesehatan terbatas. "Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan suatu kegiatan untuk memfasilitasi terselenggaranya sosialisasi aplikasi Edabu KP desa ini," katanya. Kegiatan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Edabu KP Desa ini, Kata Bayu, dimaksudkan sebagai upaya memudahkan masing-masing desa menambahkan perangkatnya ke Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sehingga pada akhirnya diharapkan akan berdampak ke arah kepastian jaminan kesehatan bagi Kepala dan Perangkat Desa Kabupaten Banyuasin yang bersinergi dengan Visi dan Misi Bapak Bupati Kabupaten Banyuasin.  "Kabupaten Banyuasin memiliki 21 Kecamatan dan 288 desa dimana capaian Universal Health Coverage (UHC) sebesar 70,99% dari  jumlah penduduk sebanyak 816.934 jiwa, dan segmen Kepala dan Perangkat Desa termasuk di dalam,"jelasnya.

Pemanfaatan aplikasi edabu KP desa ini mungkin dirasa terdapat beberapa kekurangan, dengan harapan beberapa masukan membangun hingga para user aplikasi dalam hal ini para Kepala Urusan Keuangan Desa sebagai PIC (Person In Charge) dapat memaksimalkan aplikasi ini "Diharapkan setelah kegiatan sosialisasi ini berakhir, dapat terinformasikannya aplikasi edabu serta pemanfaaatnnya dapat digunakan dengan baik serta dengan penuh rasa tangggung jawab," katanya. (ydp)