Kelurahan Seterio Terendam Banjir Hingga 1,5 Meter

Kelurahan Seterio Terendam Banjir Hingga 1,5 Meter
foto: ydp/ms - Banjir di Desa Seterio Banyuasin

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA - Guyuran hujan  yang melanda Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III Banyuasin sejak Minggu (17/1) hingga Senin (18/1) membuat sebagian wilayah kelurahan seterio terendam banjir mencapai ketinggian 1,5 meter.

Pantauan wartawan, sekitar puluhan rumah warga terdampak banjir yang diakibatkan oleh hujan berintensitas tinggi. Air mulai menggenangi setiap perumahan warga pukul 17.00 wib hingga pada malam hari, saat itu beberapa rumah sudah terendam banjir. "Air mulai masuk ke dalam rumah sekitar pukul 12.00 wib, malam hari," ujar Basri, salah satu warga yang rumahnya terkena banjir.

Menurutnya, banjir yang terjadi saat ini merupakan bencana alam yang paling parah sejak beberapa tahun belakangan. Berdasarkan pengalamannya selama tinggal di sana, belum pernah terjadi banjir hingga mencapai ketinggian 1,5 m."Paling banjir cuma setinggi pinggang orang dewasa, tidak pernah lebih dari itu. Apalagi sampai masuk rumah, karna penduduk di sini masih banyak yang mempunyai rumah tinggi," katanya.

Kepala Bidang Darurat BPBD Banyuasin, Abdullah Sani mengatakan banjir disebabkan karena pendangkalan sungai. "Pemerintah telah mengusulkan program pengerukan untuk normalisasikan sungai di PUTR pusat di Jakarta, karena kalau mengandalkan dana APBD mungkin tidak mencukupi. Diketahui, untuk anggaran pengerukan sungai membutuhkan anggaran yang cukup besar," jelas Sani saat melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena musibah banjir.

Sani mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pendataan warga yang terdampak bencana alam banjir dan mengajukan bantuan kepada Bupati Banyuasin. "Kami akan melakukan pendataan dan mengajukan kepada Bupati Banyuasin agar warga kita segera dibantu, Kita menghimbau kepada warga agar lebih waspada. Jika banjirnya masih tinggi, mengungsilah di rumah warga sekitar atau di tempat saudara,"  katanya.(ydp)