Hujan Satu Malam, Jalan Aspal Amblas 80 Meter

Hujan Satu Malam, Jalan Aspal Amblas 80 Meter
foto (ist) : Jalan penghubung antar desa di Kecamatan Pasemah Air Keruh, amblas sekitar 80 meter diterjang derasnya arus sungai.

EMPATLAWANG, MEDIA SRIWIJAYA - Musibah bencana alam, kembali melanda masyarakat Empat Lawang. Kali ini, musibah terjadi di jalan utama akses menuju Desa Talang Padang, Kecamatan Paiker, di Empat Lawang Sumsel, yang putus total dihantam derasnya arus Sungai Air Keruh, Minggu (21/6). Badan jalan beraspal itu amblas ke sungai, dengan panjang sekitar 80 meter.

Informasi yang dihimpun, putusnya jalan tersebut diakibatkan derasnya arus Sungai Air Keruh, setelah hujan hampir sepanjang malam turun. Tidak hanya itu, sawah warga juga turut terendam.

Menurut Zan, salah seorang warga sekitar menuturkan, insiden jalan putus itu diketahui subuh pagi tadi, Minggu (21/6/2020) sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu dia hendak pergi ke kebun. "Saya lihat jalan ini putus total, semua badan jalan tergerus oleh sungai sepanjang puluhan meter," ujarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto mengatakan insiden jalan putus tersebut disebabkan oleh derasnya Sungai Air Keruh yang menghantam dinding badan jalan. "Akses jalan utama, yakni jalan dari Desa Tanjung Beringin menuju  Desa Talang Padang, Kecamatan Paiker," ungkapnya.

Pihaknya, lanjut dia, telah melakukan koordinasi bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk kroscek ke lokasi untuk mengambil data. "Dan untuk akses jalan sementara, kami merencanakan meminjam tanah warga di samping jalan yang putus itu untuk dijadikan jalan sementara," ujarnya.(rodi)