Budaya Gotong-Royong TNI dan Masyarakat Senjata Andalan TMMD

Budaya Gotong-Royong TNI dan Masyarakat Senjata Andalan TMMD

ACEH BARAT, MEDIASRIWIJAYA - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah dilaksanakan sejak 1980 Silam yang dinamakan pada waktu itu AMD (ABRI Masuk Desa), pada tahun ini telah memasuki TMMD yang ke 108, yang sebelum pelaksanaan TMMD, telah didahului dengan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis).

Senjata paling ampuh yang digunakan dalam TMMD adalah gotong royong, dengan banyak warga yang datang membantu keberhasilan TMMD semakin terasa, sebab TMMD tanpa Masyarakat bukan TMMD namanya, Senin (6/7).

Pasiter Kodim 0105/Abar, Kapten Inf. Hendra Saputra mengatakan Satgas TMMD Reg Ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat beserta masyarakat akan terus membantu dan mendorong pembangunan yang sedang berjalan dan bersifat positif, dan kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan terutama di lingkungan kita sendiri. Dengan demikian warga di Desa Lango ini bisa terhindar dari berbagai penyakit, sehingga kita bisa hidup sehat dan lingkungan kita menjadi bersih, rapi dan nyaman.

“Satgas TMMD Reg ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat dan masyarakat akan membantu serta mendorong pembangunan yang sedang berjalan dan yang bersifat positif, serta selalu jaga kebersihan di lingkungan agar terhindar dari segala penyakit, kebersihan yang paling utama,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Dusun (Kadus) Trans Lango, Bapak Husaini juga menyampaikan, Kegiatan gotong royong ini adalah wujud peran serta TNI dalam membantu kebersihan lingkungan desa, karena dengan bersihnya desa maka desa kita akan tampak indah dan kita juga menjadi sehat,"jelasnya.

Di kesempatan yang sama, T. Yusmiba (Keucik sebutan Kepala Desa) di Desa Lango mengatakan dengan adanya sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah daerah (Pemda) melalui TMMD Reg Ke-108 TA. 2020 dalam rangka melakukan pembangunan akses transportasi jalan di Desa Lango yang sering dilewati untuk perkembangan perekonomian masyarakat dan untuk terbentuknya solidaritas antara masyarakat ini tentunya menjadi suatu kekuatan yang luar biasa untuk memajukan sebuah desa yang terisolir untuk dikenal di media online/publik terlebih pada saat pandemi virus covid-19.

Keucik desa Lango juga menambahkan kami memberikan dukungan dan apresisasi yang baik kepada anggota satgas TMMD Reg Ke-108 di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat yang telah memberikan jasanya tanpa pamrih untuk ikut bergotong-royong bersama membersihkan jalan sebagai sarana akses transportasi jalan penghubung yang dilewati oleh masyarakat. Selain kegiatan fisik pelebaran jalan sepanjang 2.200 meter pembuatan parit kiri/kanan jalan dan pembuatan jembatan penghubung box culvert antar desa di kecamatan Pante Ceureumen, guna mewujudkan masyarakat pedesaan (terisolir) yang semakin sejahtera di Kabupaten Aceh Barat."Semoga kehadiran (TMMD) Reg Ke-108 TA. 2020 ini menambah wawasan berfikir masyarakat di desa khususnya Desa Lango untuk lebih berkembang dan menambah jalinan silahturrahmi," ujar Yusmiba. (Pendim 0105/Abar/rel).