Wajah Lama Warnai Kandidat Peraih Ballon d'Or

Wajah Lama Warnai Kandidat Peraih Ballon d'Or
di/ Red: Endro Yuwanto 0 0 Selebrasi para pemain Liverpool. Selebrasi para pemain Liverpool.(Foto Ist)

PARIS, MEDIASRIWIJAYA.com - Sebanyak 30 nama telah diumumkan sebagai calon penerima penghargaan Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) 2019. Wajah-wajah lama masih menghiasi calon pemenang Ballon d'Or kali ini.

Sebut saja Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Virgil van Dijk, yang kembali akan bersaing dalam penghargaan bergengsi bagi pesepak bola dunia tersebut. Ketiganya sudah bersaing meraih penghargaan pemain terbaik UEFA hingga FIFA tahun ini.

Namun sayangnya, tidak ada nama Neymar dalam 30 daftar calon penerima penghargaan tersebut. Padahal, Paris merupakan tuan rumah tempat dilakukannya voting global yang dilakukan oleh para jurnalis. Selain itu, pemain interasional Brasil tersebut telah membela Paris Saint-Germain (PSG) dalam dua tahun terakhir.Dilansir dari REPUBLIKA.CO.ID

Dua nama yang tak asing dengan penghargaan ini adalah Messi dan Ronaldo, yang mendominasi perolehan Ballon d'Or selama 10 tahun, sebelum akhirnya dipatahkan Luka Modric akhir Desember lalu. Modric juga absen dari nominasi penghargaan ini, setelah ia mendapatkan penghargaan Ballon d'Or dan pemain terbaik FIFA 2018, usai tampil gemilang bersama Real Madrid dan timnas Kroasia.

Musim lalu, Messi mencetak 36 gol dan 15 assist untuk Barcelona yang memenangkan gelar La Liga Spanyol. Serta 12 gol dalam 10 pertandingan di Liga Champions yang membawa Barca melaju sampai semifinal.

Lalu Ronaldo, yang menjalani musim pertamanya bersama Juventus, mampu mencetak 21 gol dalam 31 laga. CR7, julukan Ronaldo, berkontribusi membawa Juve meraih gelar Serie A Liga Italia, serta membawa Portugal menjuarai Liga Bangsa-Bangsa UEFA.

Sementara Van Dijk akan menjadi bek pertama yang diprediksi mendapatkan voting tertinggi sejak mantan bek Italia Fabio Cannvaro pada 2016. Ia memiliki peran besar di lini belakang Liverpool untuk memenangkan Liga Champions musim lalu. Menariknya, nominasi tahun ini didominasi oleh pemain Liverpool, yang mengirimkan tujuh wakilnya dalam penghargaan yang diberikan pada 2 Desember mendatang di Paris, Prancis.

Selain Van Dijk, ada Alisson Becker, Roberto Firminho, Giorginio Wijnaldum, Alexander-Arnold, Sadio Mane, hingga Mohamed Salah. Pelatih Liverpook Juergen Klopp menganggap normal banyak dari pemainnya yang menjadi kandidat peraih Ballon d'Or. Justru ia akan terkejut jika tidak ada pemainnya yang masuk nominasi itu.

''Saat pemain (Liverpool) memenangkannya, itu luar biasa, saat mereka tidak mendapatkannya, semoga itu tidak melukai mereka. Dari cara mereka bermain musim lalu, itu normal banyak pemain yang akan dipilih oleh pakar,'' ujar Klopp, dikutip dari Sky Sports, Rabu (23/10).

Klub Inggris lainnya, Manchester City, menjadi klub kedua yang mengirimkan wakilnya paling banyak. The Citizens diwakili oleh lima pemain untuk dipilih, yaitu Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Sergio Aguero, dan Raheem Sterling.

Memang tidak ada nama yang terdengar asing dalam penentuan 30 nominasi Ballon d'Or. Mereka semua adalah pemain dengan nama besar yang membela klub-klub top Eropa seperti Real Madrid, Barcelona, PSG, dan lainnya.

Berikut daftar lengkap nominee peraih Ballon d'Or:

Liverpool: Van Dijk, Firmino, Alisson, Wijnaldum, Alexander-Arnold, Mane, dan Salah
Manchester City: De Bruyne, Mahrez, Bernardo Silva, Aguero, dan Sterling
Barcelona: Leo Messi, Griezmann, Ter Stegen, dan De Jong
Real Madrid: Benzema dan Hazard
Tottenham Hotspur: Heung-min Son dan Lloris
Ajax: Van de Beek dan Tadic
Juventus: Cristiano Ronaldo dan De Ligt
PSG: Mbappe dan Marquinhos
Atletico Madrid: Joao Felix
Napoli: Koulibaly
Bayern Muenchen: Lewandowski
Arsenal: Aubameyang.(Net)