Pengadilan Agama Luncurkan Sembilan Aplikasi

Pengadilan Agama Luncurkan Sembilan Aplikasi
Contoh aplikasi Pengandilan Agama Pagaralam.(foto ist)

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Pengadilan Agama (PA) Kota Pagar Alam, awal bulan November ini akan memiliki sembilan aplikasi baru, guna memberikan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sembilan aplikasi tersebut yakni, aplikasi notifikasi perkara yang berguna memberikan notifikasi kepada pihak berperkara.

Aplikasi informasi produk pengadilan yang memuat segala informasi mengenai suatu Pengadilan.
Aplikasi antrean sidang yang dapat memberikan informasi mengenai pembagian jadwal persidangan.
Aplikasi data terpadu kemiskinan, melansir beritasumatera, kemarin.

“Program reformasi birokrasi pada unit kerja diwujudkan dalam upaya pembangunan zona intergritas, kiranya zona intergritas yang dicanangkan merupakan bagian dari amanat Perpres nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010 – 2025,” jelasnya, Selasa (22/10/2019).

Program nasional ini, katanya menyasar tiga sasaran, yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih bebas KKN, peningkatan pelayanan publik.

“Maka zona intergritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi Pemerintah, yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WSBK) serta wilayah birokrasi bersih juga melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan dan peningkatan kualitas peningkatan pelayanan publik, untuk itu pengadilan agama (PA) Pagar Alam dalam bulan ini sedang mempersiapkan untuk menyambut acesor dari Mahkamah Agung dalam rangka memperoleh penilaian akreditas penjamin mutu (APM),” tutur lubis.

Sambung Febrizal, PA Pagar Alam dalam peningkatan transparansi dan peningkatan pelayanan telah melakukan beberapa inovasi baik program maupun aplikasi yang dapat oleh masyarakat secara luas antara lain Website Pengadilan Pagar Alam, Direktori putusan Mahkamah Agung RI, Aplikasi sistem informasi penelusuran perkara, Electronic Court (e-Court), dan dua lainnya.

Sementara Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni SH, mengatakan,Kerja sama ini ditahun mendatang dapat dimaksimalkan kembali.

“Kami juga sudah sepakat untuk menghibahkan tanah kepada Pengadilan Agama, InsyaAllah itu akan dibangun menjadi kantor Pengadilan Agama kota Pagar Alam,” pungkas Alpian.(net)