Pencairan Dana Desa Tahap III Terancam Hangus

Pencairan Dana Desa Tahap III Terancam Hangus
Kabid Pemdes Agusman Mulyadi. (Foto : ist)

EMPATLAWANG, MEDIASRIWIJAYA - Proses pencairan Dana Desa (DD) tahap ke-3 untuk Desa-Desa di Kabupaten Empat Lawang, saat ini belum bisa dipastikan.

Pasalnya, Desa-Desa di Kabupaten Empat Lawang ini belum menyampaikan laporan realisasi DD tahap Satu (1) dan Tahap (2), melansir globalplanet, kemarin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (DPMDP3A) Empat Lawang Agus Rochman Basuki melalui Kabid Pemerintahan Desa Agusman Mulyadi mengatakan, kalau DD tahap Tiga saat ini masih berada di Rekening Kas Umum Negara (RKUN) dan belum ada di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

"Penyebabnya Desa belum mengajukan laporan realisasi DD tahap satu dan tahap dua, karena syarat pengajuan pencairan harus ada laporan realisasi tadi," kata Agus pada saat di bincangi awak media, melalui Via telepon, Senin (21/10/19).

Saat ini lanjut Agus, pihaknya masih menunggu Desa menyampaikan laporan realisasi DD tahap satu dan tahap dua. Sebab jika sampai akhir tahun ini Desa tidak menyampaikan laporan realisasi DD tahap satu dan dua, maka DD tahap ketiga akan hangus.

"Untuk laporan realisasi itu harus seluruh Desa, kecuali kalau Dananya itu sudah berada di Kas Daerah, tergantung Dengan Kadesnya, cepat Kades mengajukan cepat juga cairnya," ujarnya. Tapi kalau tidak ada laporan realisasi dari kita ke RKUN maka DD tahap tiga akan hangus," ujarnya.

Dirinya menghimbau, agar seluruh Kades di Kabupaten Empat Lawang, dapat sesegara mungkin menyampaikan laporan realisasi DD tahap satu dan tahap dua.

"Karena laporan itu sudah di tunggu di BPKAD, karena akan mengajukannya kepusat untuk pencairan DD tahap ke tiga, jangan ditunda-tunda lagi," ujarnya.(net)