Mengenal Minuman Istimewa Desa Tlogosari

Mengenal Minuman Istimewa Desa Tlogosari

Situbondo – Minuman jahe, selain segar juga dapat menghangatkan tubuh. Minuman ini juga banyak memiliki manfaat seperti meredakan masuk angin, batuk, meredakan sakit kepala seperti migrain. Minuman ini banyak diminum di lokasi TMMD Kodim Situbondo.

Wedang jahe dicampur dengan rempah rempah asli desa Tlogosari ini  bersifat menghangatkan dan mengandung anti oksidan dan anti jamur.

Cara membuatnya sangat sederhana. Yakni hanya merebus air dengan jahe, gula merah ditambah potongan batang serai selama sepuluh menit. Minuman ini sangat bagus terutama jika dinikmati di wilayah udara dingin.


Manfaat jahe lainnya adalah, dari sebuah hasil penelitian yang dimuat di World Journal of Gastroenterology menyatakan, ekstrak jahe yang diberikan pada pasien dengan penyakit lambung seperti dispepsia, dapat membantu pengosongan lambung dan pengeluaran gas serta juga memberi kekebalan tubuh dari berbagai virus.

Meski jahe menyimpan banyak manfaat, namun perlu hati-hati terutama bagi penderita kelainan darah yang mengonsumsi obat warfarin. Pasalnya, jahe bisa meningkatkan risiko memar, dan perdarahan akibat adanya interaksi antara jahe dan obat pengencer darah.

Terlihat Bambang, 48, petani warga  Desa Tlogosari, sedang merebus air minum untuk membikin wedang jahe. Ini akan dihidangkannya bagi anggota Satgas TMMD yang sedang berkunjung di Koramil Sumbermalang.

Bambang juga merupakan salah satu orang tua asuh di desa sasaran TMMD Kodim Situbondo, di Desa Tlogosari, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. (penrem 083)