Implan Jantung yang Mampu Kurangi Risiko Stroke Diluncurkan di Inggris

Implan Jantung yang Mampu Kurangi Risiko Stroke Diluncurkan di Inggris
Ilustrasi. (Shutterstock)

MEDIASRIWIJAYA.com - Teknologi kesehatan selalu berkembang. Baru-baru ini, implan jantung revolusioner yang dapat mengurangi risiko stroke mematikan hingga 70 persen telah diluncurkan di Inggris.

Dilansir dari Daily Star, tahap pertama pasien sekarang telah dilengkapi dengan Watchman FLX, sejak mendapat persetujuan Eropa. Ahli bedah di seluruh penjuru Inggris kini sedang dilatih tentang cara menanamkannya saat skema ini diperlebar.

Perangkat yang dirancang di Inggris, terdiri dari perangkat titanium nikel yang dimasukkan ke dalam atrium kiri (kantung di dinding otot jantung). Tempat 90 persen gumpalan penyebab stroke terbentuk.

Mekanisme seperti jala berukuran 50p bertindak bagai saringan dan menjebak gumpalan sehingga mereka tidak bisa menyebar ke dalam tubuh.

Prosedur biasanya memakan waktu 1 jam. Pengembangan teknologi ini menawarkan pilihan yang berpotensi menyelamatkan jiwa bagi berbagai pasien jantung, terutama mereka yang menderita kondisi Atrial Fibrilasi (AF).

Ilustrasi jantung manusia (Shutterstock).

Penyebab paling umum dari detak jantung tidak teratur yang mempengaruhi sekitar satu juta di Inggris. Banyak pasien AF yang diberi resep obat pengencer darah untuk mengurangi risiko pembekuan darah. Tapi ini menyebabkan efek samping yang mematikan termasuk pendarahan serius di perut dan otak.

Dr. John Foran dari Royal Brompton dan Harefield Hospitals di London, mengatakan perangkat ini berpotensi menyelamatkan ribuan pasien dari stroke yang diderita.

"Cepat atau lambat, sebagian besar pasien yang menggunakan obat pengencer darah akan menderita pendarahan akibat perawatan. Implan ini memberikan perlindungan bagi orang-orang ini tanpa perlu obat-obatan, mengurangi risiko stroke dan kematian akibat kardiovaskular. ”(net)