6 Cara Terbaik Biar Gak Malas dan Konsisten Berolahraga

6 Cara Terbaik Biar Gak Malas dan Konsisten Berolahraga
(Foto Ist)

MEDIASRIWIJAYA.com - Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya olahraga sangat besar. Namun, prakteknya sulit sekali untuk olahraga secara rutin. Untuk sekali dalam seminggu saja sulit, apalagi menyempatkan waktu 10 menit setiap hari.

Selalu saja ada alasan dan halangan untuk membatalkan olahraga. Padahal kalau konsisten dan rutin olahraga, manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh tubuh masing-masing. Ingin lebih konsisten olahraga? Kamu bisa lakukan cara ini supaya tidak bermalas-malasan lagi. Dilansir dari Liputan6.com

1. Mulai dengan durasi yang paling sebentar

Semua berawal dari niat dan keinginan. Mulai saja dulu dari waktu yang paling sebentar. Streching 5 menit juga termasuk berolahraga. Setelah selesai, ukurlah diri apakah masih kuat untuk melanjutnya. Lebih baik sebentar tapi konsisten dan rutin daripada durasi lama tapi jarang-jarang.

2. Gak usah pasang target tinggi

Jangan terlalu memasang target tinggi, olahraga selama 1 jam atau harus bisa menurunkan berat badan 5 kg. Santai aja, nikmati manfaat olahraga itu dan dapatkan dulu ketenangan pikiran dan kebugaran. Kalau target terlalu tinggi sementara tubuh kamu belum terbiasa olahraga maka dampaknya tubuh jadi cepat capek dan berisiko cidera karena otot-otot yang masih kaku.

3. Olahraga yang menghibur

Cari olahraga yang menghibur, simpel dan tidak banyak aturan. Lari sebentar di pagi hari sambil beli sarapan. Mampir sejenak ke taman untuk menikmati udara bersih sambil joging sebentar. Atau kalau ingin termotivasi, pergi ke tempat gym yang banyak orang juga berolahraga. Agar lebih terhibur, kamu juga bisa berolahraga sambil mendengarkan musik yang semangat.

4. Ajak teman atau masuk komunitas

Olahraga sendirian pasti bosan ya. Jadi, untuk menyiasatinya kamu perlu ajak teman-teman. Selanjutnya, buat komunitas lari supaya lebih teratur jadwal olahraga. Kalau sulit mewujudkannya, kamu bisa masuk komunitas olahraga yang sudah ada, hitung-hitung tambah relasi juga.

5. Update status di socmed

Supaya lebih termotivasi, lebih semangat dan konsisten untuk berolahraga, kamu bisa jadikan momen olahrag a untuk bernarsis ria sekaligus menginspirasi orang lain untuk juga melakukan olahraga secara rutin. Follow juga akun-akun publik figur dan komunitas olahraga supaya kamu ikut termotivasi untuk semangat olahraga. Kalau lingkungan, bacaan/tontonan kamu seputar gaya hidup sehat, tentunya akan mempengaruhi kami untuk turut menerapkan gaya hidup sehat.

6. Beri yang terbaik untuk tubuh

Usai olahraga kita pasti tak bisa lepas dari resiko lelah dan capek. Oleh karena itu kamu perlu memberikan asupan yang terbaik untuk tubuh. Selain menerapkan pola hidup sehat, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.(Net)